Apa Itu Brand Collateral? Pengertian, Jenis dan Manfaat/Kelebihannya

Share and care !

Sebuah brand pasti sangat bergantung pada nama dan logo mereka agar dapat dikenali dan diingat orang lain. Selain itu, ada juga cara lain untuk menanamkan ingatan sebuah brand pada target market mereka, yakni brand collateral atau jika diterjemahkan sebagai jaminan merek dalam Bahasa Indonesia.

Brand collateral sendiri merupakan kumpulan berbagai media yang digunakan untuk mempromosikan brand dan mendukung penjualan dan pemasaran suatu produk atau layanan. Ini adalah bukti nyata dari brand, yang dirancang sesuai dengan nilai-nilai inti dan kepribadian brand tersebut.

Ingin tahu mengenai mengapa brand collateral sangat signifikan pada brand dan bisnis? Mari simak pengerian, jenis dan manfaat adanya brand collateral bagi sebuah brand di bawah ini.

 

Memahami Pengertian Brand Collateral

 

Brand collateral adalah seperangkat bahan dan media yang digunakan untuk mempromosikan bisnis dan brand Anda di pasar. Apabila digunakan secara strategis, brand collateral bisa menjadi alat utama dalam penjualan dan pemasaran produk atau layanan bisnis dan memainkan peran penting dalam pengembangan merek.

Bahkan banyak bisnis dengan sengaja atau dengan cara lain menggunakan brand collateral ini dalam beberapa cara pemasaran atau lainnya. Adapun brand collateral dapat mencakup banyak alat dan platform yang digunakan secara signifikan dan teratur dalam proses bisnis seperti :

Barang-barang Promosi
Signage
Pamflet
Situs Web
Stationery Kit termasuk kartu nama, kop surat, amplop
Brosur Cetak dan Digital
Buletin Cetak dan Digital
Katalog
Grafik media sosial
Kemasan (packaging)
Materi Iklan
Tampilan Pameran Dagang, Stand & Grafik Pameran, Papan Nama

 

Intinya, brand collateral dirancang dengan tujuan dan merupakan bagian penting dari strategi merek yang biasanya membentuk kesan pertama pada calon pelanggan. Setiap kali produk Anda dibeli, kemasannya menciptakan kesan pertama. Bahkan ketika Anda membagikan kartu nama Anda dengan seseorang, itu menciptakan kesan pertama.

Juga saat Anda mempromosikan produk atau layanan Anda melalui brosur, maka brosue akan menciptakan kesan pertama. Oleh karena itu, menurut perusahaan populer yang khusus melakukan branding, penting bagi Anda untuk fokus pada jaminan branding Anda dan menciptakan kesan pertama yang baik pada setiap pihak terkait.

 

Baca Juga  :     Pentingnya 3 Strategi Product-Led-Growth Dalam Mengembangkan Bisnis yang Sukses

 

Jenis dan Contoh Penerapan Brand Collateral

Sebagai kumpulan media dan materi promosi yang digunakan untuk mempromosikan brand secara signifikan di pasar dan kepada konsumen, brand dan bisnis dituntut harus jeli dalam melakukan branding mereka. Kenyataannya, branding dapat memberikan dukungan yang berharga dan penting untuk penjualan dan pemasaran produk dan layanan yang ditawarkan oleh merek.

Hal- hal yang perlu Anda perhatikan dalam branding adalah perencanaan yang matang yang dilaksanakan bersama dengan semua nilai, inti, kepribadian, serta tujuan dari brand tersebut. Dibawah ini beberapa jenis atau contoh penerapan brand collateral yang bisa Anda terapkan sendiri.

Situs web

Di dunia yang serba online dan digitalisasi yang sudah menjadi umum, maka situs web menjadi tulang punggung bagi banyak bisnis modern saat ini. Karenanya amat sangat penting bagi setiap brand untuk memiliki situs web perusahaan yang dirancang dengan baik yang menampilkan semua detail langsung dari sejarah mereka.
Tampilkan kisah sukses, profil promotor dan direktur, penawaran produk dan layanan, nilai inti merek, pernyataan visi , pernyataan misi, testimonial pelanggan, hingga detail kontak yang memiliki alamat perusahaan, alamat email, dan nomor kontak beserta formulir pertanyaan untuk menghasilkan prospek yang diperlukan.

Kartu nama bisnis Anda

Meski saat ini semua serba online tetapi kartu nama masih memegang peranan yang sangat penting dalam daftar brand collateral. Ini karena kartu nama merupakan jeni pertama dari brand collateral nyata yang dipertukarkan selama pertemuan dengan berbagai investor, vendor, dan pihak luar.
Mulai dari manajemen atas hingga eksekutif perusahaan, semuanya memiliki kartu nama masing-masing yang menunjukkan nama merek, logo, alamat, call to action, jabatan, dan penugasannya.

Brosur Perusahaan

Brosur perusahaan menempati tempat yang signifikan dalam daftar brand collateral karena brosur dapat secara khusus menampilkan perjalanan sebuah brand sejak awal. Termasuk profil promotor dan anggota kunci manajemen, pernyataan misi, pernyataan visi, nilai merek inti, tujuan, fundamental, serta rincian produk dan layanan masa lalu, saat ini, dan yang akan datang yang ditawarkan oleh perusahaan.
Disamping itu brosur juga dapat menyoroti kekuatan merek dan biasanya diedarkan ke komunitas investor dan pelanggan selama pameran dagang, pameran, dan selama titik penjualan.

Brosur Produk atau Layanan

Berikutnya yang sejalan adalah brosur khusus dan khusus yang berbicara tentang produk dan layanan merek. Mulai dari sifat, fitur, proposisi penjualan yang unik, teknik pembuatan produk, dan bagaimana hal itu bermanfaat bagi pelanggan hingga beberapa detail penting dari merek dan perusahaan disorot dalam brosur.
Selain dalam bentuk cetakan, versi lain seperti e-brosur dan video brosur juga dipilih oleh banyak brand modern sekarang karena dengan lebih ramah lingkungan plus mengikuti perkembangan teknologi secara menyeluruh.

Barang stasioner khusus brand

Barang-barang stasioner seperti kop surat, amplop, buku catatan, pena, dan barang-barang terkait lainnya membawa logo merek, maskot, dan tagline dan dirancang sesuai dengan tema desain akhir merek dengan tetap mempertimbangkan estetika kreatif. Kualitas kertas yang digunakan untuk mencetak kop surat dan amplop juga dipilih sesuai dengan elemen desain dan sifat serta skala dari brand yang menggunakanya.

 

Baca Juga  :    5 Customer Engagement Metrics yang Mendukung Sukses Digital Marketing 2022

 

Manfaat dan Tujuan Menggunakan Brand Collateral

 

Penerapan brand collateral sangat penting untuk bisnis apa pun, terutama bisnis baru karena akan membantu menciptakan citra bagi perusahaan Anda dan memungkinkan Anda menonjol dari perusahaan lain di industri Anda. Dibawah ini manfaat dan tujuan kenapa brand collateral memainkan peranan penting dalam sebuah brand dan bisnis.

Memberikan informasi kepada pelanggan

Selama titik penjualan dan pembelian, sangat penting bagi staf penjualan perusahaan untuk menyajikan sesuatu dalam bentuk nyata kepada pelanggan yang menyoroti detail perusahaan, nilai merek, dan detail spesifik dari produk dan layanan yang ditawarkan di pasar. Ini akan membantu staf penjualan untuk memberikan informasi tentang perusahaan dengan cara yang mampu ditambah mencapai penutupan penjualan dengan cara yang efektif.

Sebagai alat promosi

Disamping itu brand collateral juga dapat digunakan sebagai alat dan barang promosi oleh staf penjualan selama titik penjualan dan pembelian di berbagai acara, pameran dagang, acara serta pameran yang menampilkan profil merek, nilai inti, penawaran produk dan jasa.

Membuka peluang lebih banyak penawaran dan meningkatkan ROI

Perlu diketahui bahwa brand collateral bukanlah investasi satu kali melainkan proses berkelanjutan yang membangun ekuitas merek Anda dan meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu. Dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada konsumen, Anda dapat menunjukkan kepada mereka mengapa lebih baik membeli dari Anda daripada pesaing Anda. Ini akan membantu menutup lebih banyak transaksi dan meningkatkan ROI (Return of Investment) dalam jangka panjang nantinya.

 

Baca Juga  :    Trend Analysis : Pengertian dan Strategi Sukses Terbaiknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Diantara jutaan brand diluar sana dan persaingan yang ketat di antara maupun sesama industri, maka Anda harus bisa menonjolkan brand Anda sebaik mungkin. Ingatlah bahwa kunci dari setiap brand yang profesional dan mudah dikenali adalah konsistensi.

Ketika brand menggunakan warna, logo, font, pola, dan citra yang sama berulang-ulang, calon klien dan pelanggan mulai mengaitkan visual tersebut dengan bisnis mereka. Itulah kenapa Anda harus memberi perhatian kepada semua aspek ini supaya brand akan lebih mudah diingat dengan cepat.

The post Apa Itu Brand Collateral? Pengertian, Jenis dan Manfaat/Kelebihannya appeared first on IDCloudHost.


Share and care !

Leave a Reply