Belajar SEO Untuk Pemula Lengkap Dengan Tipsnya 2021

Share and care !

Jasa Seo Bogor

Bagi Kamu pemilik website atau blog pasti udah gak asing lagi ya dengan istilah SEO.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization dan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di search engine (Google/Bing/yahoo dll) namun untuk kita lebih familiar dengan Mbah Google. Kamu harus tau. Tanpa SEO, website Kamu kemungkinan akan tertinggal di halaman dua dan seterusnya sehingga tidak mendapatkan banyak pengunjung ke website Kamu.

Oke gaes maka dari itu, penting banget buat Kamu untuk belajar SEO agar website Kamu bisa berada di puncak Google. Beruntunglah Kamu sudah datang ke artikel yang tepat. Pada tulisan ini, Kamu bakal belajar dasar-dasar SEO.

Penasaran, kan? Yuk, simak sampai selesai!

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan berbagai daya upaya mengoptimasi website Kamu biar bisa mendapat ranking tinggi di hasil pencarian Google atas keyword yang kamu tanam. Dengan begitu, orang akan lebih mudah menemukan website Kamu sehingga pengunjung atau trafik website Kamu juga akan meningkat.

Metode optimasi SEO ini sifatnya organik loh, alias tanpa iklan (SEM) sehingga bisa Kamu terapkan secara cuma-Cuma di website Kamu. Selain itu, pencarian organik juga merupakan jenis pencarian yang biasanya dilakukan oleh pengguna. Tepatnya, 53% trafik (Brightedge) suatu website itu berasal dari pencarian organik alias SEO. Artinya, optimasi SEO adalah suatu kewajiban bagi setiap pemilik website.

Cara Kerja SEO

Sebelum Kamu belajar SEO lebih dalam, penting bagi Kamu untuk tau cara kerja SEO terlebih dahulu. Dengan begitu, Kamu gak akan bingung di pembahasan-pembahasan selanjutnya.

Cara kerja SEO dibagi menjadi tiga langkah, yaitu:

Langkah Pertama, Google akan melakukan Crawling dengan menggunakan bot. Nah, Bot ini tugasnya untuk mengumpulkan berbagai halaman atau konten website yang baru diterbitkan. Setelah itu, si bot akan menyimpannya di database Google.

Next Langkah Kedua, sibot akan melakukan Indexing. Proses ini adalah saat si bot mempelajari halaman website yang sudah disimpan tadi di database. Mulai dari strukturnya, kualitas konten, hubungannya dengan kebutuhan pengguna, kredibilitas, dan sebagainya. Konon, kabarnya ada lebih dari 200+ faktor yang dinilai oleh Google di tahap ini.

Terakhir Langkah Ketiga, katakanlah langkah yang terakhir ya. yaitu Ranking. Pada langkah ini, Google akan menyusun daftar halaman website terbaik berdasar Indexing tadi dan menempatkannya berurutan di hasil pencarian. Semakin baik hasil indexing, maka ranking halaman tersebut juga akan semakin tinggi. Begitu.

Jenis-Jenis SEO

Yang ini juga Kamu harus tau, Optimasi SEO dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. SEO On Page

adalah upaya optimasi pada bagian depan halaman (front end) website Kamu. Ya Bisa dibilang, jenis SEO ini merupakan yang termudah untuk diterapkan pada website Kamu.

SEO On Page terdiri dari beberapa aspek:

  • Judul halaman
    Ini merupakan judul halaman yang muncul di hasil pencarian pada mesin pencari.
  • Struktur halaman atau konten
    Pada umumnya terdiri dari pembuka, isi, dan kesimpulan.
  • Sebaran kata kunci atau keyword
    Bagaimana Kamu menyebar berbagai kata kunci atau keyword di halaman website tersebut.
  • Gambar 
    Gambar pada website dinilai dari judulnya, deskripsi, ukuran, kualitas, dan semacamnya. 
  • Internal link 
    Merupakan link yang menuju ke halaman lain di website Kamu.
  • Permalink/slug
    Merupakan URL atau alamat halaman website Kamu.
  • Meta tag
    Deskripsi yang muncul di hasil pencarian, terdiri dari meta title, meta description, dan meta keyword.

2. SEO Off Page

SEO Off Page merupakan upaya optimasi yang dilakukan di luar website Kamu. Tujuan utamanya yaitu meningkatkan kredibilitas dan reputasi website Kamu di mata Google.

Upaya ini biasanya mendukung SEO On Page Kamu juga loh, sehingga pastikan Kamu sudah menerapkan SEO On Page dengan benar dulu, ya!

Nah, berikut beberapa aspek SEO Off Page:

  • Link building
    Upaya untuk mendapatkan link dari website lain (backlink).
  • Domain Authority (DA)
    Merupakan nilai untuk memprediksi bagaimana peluang ranking website Kamu di Google semakin tinggi nilainya semakin baik.
  • Page Authority (PA)
    Merupakan nilai yang menampilkan seberapa besar peluang halaman website Anda berada di peringkat atas Google, penilaian ini juga semakin tinggi semakin baik.
  • Local SEO 
    Merupakan metode untuk menampilkan bisnis Kamu di pencarian Google.
  • Promosi 
    Dengan cara promosikan konten Kamu di media sosial maupun platform lain seperti email, forum online, dan semacamnya.

3. Technical SEO

Jenis SEO yang terakhir adalah Technical SEO. Seperti namanya, Technical SEO ini adalah upaya optimasi aspek-aspek teknis pada website Kamu. 

Pasti sekarang Kamu bertanya-tanya apa aja sih Aspek teknis website dalam Technical SEO?

  • Struktur website 
    Pengunjung harus mudah menjelajah website Kamu untuk menemukan informasi atau konten yang dibutuhkan oleh pengunjung.
  • Kecepatan website 
    Website yang lambat akan mengganggu pengalaman pengunjung Kamu loh, segera optimalkan kecepatan website Kamu.
  • Keamanan website 
    Website yang aman akan membuat pengunjung nyaman. Ya paling tidak, website harus menggunakan Serifikat SSL.
  • XML Sitemap 
    Merupakan daftar halaman website Kamu yang bisa diakses.
  • Responsivitas website 
    Tampilan dan fungsi website Kamu bisa menyesuaikan perangkat pengunjung.
  • Jangan Pernah Menduplikat konten 
    Konten yang sama akan membingungkan Google dalam merangking halaman tersebut. Setiap Kamu bikin konten atau artikel, usahakan jangan sampai hasil dari plagiat dari website lain ya.

Manfaat SEO

1. Website Lebih Mudah Ditemukan

Kamu harus tau kalau lebih dari 75% (HubSpot) pengguna malas mengklik halaman dua dan seterusnya di Google? Dengan kata lain, bila website Kamu berada selain di halaman pertama, maka Kamu akan kehilangan kurnag lebih 75% trafik. Wakwaw!

Nah, dengan Kamu menerapkan SEO, website Kamu akan mendapatkan kesempatan jauh lebih besar untuk bertengger di halaman pertama Google. Bahkan berada di ranking atas, loh. Dan Hasilnya, website Kamu akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna saat mereka mencari sesuatu dan Kamu akan kebanjiran trafik. 

2. Meningkatkan Reputasi Kamu

Manfaat SEO yang kedua adalah bisa meningkatkan reputasi Kamu. Hal ini tentu saja sangat penting. Sebab, semakin baik reputasi website Kamu, semakin besar pula kemungkinan trafik bahkan penjualan produk yang Kamu dapatkan.

Simplenya begini deh, coba posisikan diri Kamu sebagai pengguna Google, lalu jawab pertanyaan berikut:

Apakah Kamu lebih mempercayai website yang berada di ranking atas atau website yang berada di halaman 10? Jawabannya tentu website yang berada di ranking teratas, bukan?

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah bagaimana brand Kamu atau bisnis Kamu dikenali oleh banyak orang. Baik dari nama, Slogan, logo dan hal-hal lain yang berhubungan dengan bisnis dan produk Kamu. Nah, dengan menerapkan SEO, brand awareness Kamu juga bisa meningkat loh. Mau tau Kenapa?

Alasannya sederhana “Karena kebanyakan orang mencari info bisnis atau brand melalui Google (Search Engine).”

Hal tersebut menjadikan Mbah Google sebagai salah satu tempat terbaik untuk mengenalkan bisnis Kamu di jagat maya. Semakin sering bisnis Kamu berada di halaman pertama Google, tentu semakin orang familiar dengan bisnis Kamu, Ya kan? hehe

4. Investasi Jangka Panjang

Bisa dikatakan kalau SEO merupakan investasi jangka panjang buat si pemilik website. Sebab, optimasi SEO menyasar trafik organik sehingga posisi website Kamu cenderung bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Terutama, bila Kamu rutin memperbarui konten sesuai perubahan minat kebanyakan pengguna. Bisa dipastikan kalau konten Kamu selalu relevan dan konsisten, bisa bertahan di peringkat atas Google.

5. Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Keempat manfaat di atas bisa berefek domino pada peningkatan keuntungan bisnis Kamu. Loh, gimana bisa? 

Oke kita jelaskan lebih lagi, Bila website Kamu mudah ditemukan, reputasinya baik, brand awareness luas, konsisten di peringkat atas, maka bisa dipastikan bahwa keuntungan Anda akan meningkat. Bahkan, bukan Cuma keuntungan, tapi kemungkinan banyak orang akan menjadikan brand Kamu sebagai pilihan utama saat mereka mau membeli sesuatu.

Tips Belajar SEO

1. Belajar dari Sumber Terpercaya

Kamu bisa belajar SEO dari banyak sumber. Mulai dari artikel, video, kursus, webinar dan sebagainya. Asal, pastikan bahwa sumber yang Kamu pilih ini memang terpercaya tidak sembarangan. Sebab, seringkali panduan SEO di dunia maya menawarkan hasil yang cepat dengan cara yang dipertanyakan.

Lalu, gimana caranya untuk mengetahui sumber tersebut terpercaya atau tidak? Caranya mudah, kok. 

Bila Kamu belajar dari artikel, pastikan lagi bahwa website tersebut berada di peringkat atas Google. Lalu, bila Kamu belajar dari YouTube, Kamu lihat saja komentar dan jumlah penontonnya. Terakhir, kalua Kamu mau belajar dari kursus, Kamu cek saja rating kursus tersebut.

2. Pelajari Tools SEO

Belajar SEO tak lengkap rasanya kalau Kamu gak pelajari tools SEO. Tools SEO ini berfungsi untuk mempermudah upaya optimasi SEO Kamu. Jadi, usahakan Kamu juga meluangkan waktu untuk mempelajarinya.

Beberapa tools SEO yang wajib Kamu pelajari adalah Google Analytics, Google Search Console dan tools riset keyword seperti Ahrefs, Ubersuggest, atau Google Trends.

3. Hindari Kesalahan Pemula

Kesalahan memang bagian dari proses belajar. Tapi, usahakan Kamu menghindari kesalahan SEO yang pada umumnya dihadapi pemula, yaitu:

  • Kamu tidak paham audiens Kamu
    Tanpa memahami audiens, Kamu bakal kesulitan melakukan upaya optimasi. Karena Kamu gak tau jenis konten apa yang benar-benar mereka butuhkan.
  • Tidak melakukan riset kata kunci 
    Riset kata kunci merupakan aspek krusial dalam SEO. Dengan cara riset kata kunci atau keyword Kamu bisa tahu topik apa yang sedang hangat dan dibutuhkan orang.
  • Membuat konten ala kadarnya 
    Kualitas konten adalah hal yang sangat diperhatikan oleh Google. Jadi, usahakan konten yang Kamu buat dengan sungguh-sungguh dan gak Cuma modal copas dari website lain aja.
  • Malas mencari backlink berkualitas 
    Backlink yang berkualitas merupakan backlink yang berasal dari website yang relevan, terpercaya, dan mempunyai trafik tinggi. Jadi, jangan asal mencari backlink ecek-ecek yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan website Kamu.
  • Melupakan optimasi gambar  
    Pastikan Kamu juga mengoptimasi setiap gambar pada website. Mulai dari memberikan judul yang sesuai, mengisi alt teks, mengkompres ukurannya, dan sebagainya.

Bila Kamu berhasil menghindari kesalahan-kesalahan di atas, upaya SEO Kamu akan memberikan hasil yang lebih optimal. Jadi, jangan sampai Kamu melakukan kesalahan-kesalahan tersebut ya!

4. Pahami Kalau SEO Butuh Waktu

SEO bukanlah sihir Jin dan Jun yang bisa langsung meroketkan ranking Kamu di Google dalam hitungan menit. Melainkan, SEO membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun lamanya. Tergantung dari seberapa ketat persaingan di hasil pencarian dan bagaimana upaya optimasi Kamu.

Maka dari itu, bila rangking Kamu gak berubah dalam hitungan hari, Kamu gak perlu panik atau gundah gulana. Tetap jalankan optimasi SEO sambil melihat hasilnya dalam beberapa bulan ke depan.

Siap Belajar SEO Lebih Jauh Lagi?

Belajar SEO itu tidak rumit, kan? Sekarang, Kamu sudah paham dasar-dasar SEO. Mulai dari pengertian SEO, jenis SEO, hingga manfaatnya.

Dengan belajar SEO, Kamu bisa meroketkan ranking website Kamu di Google. Hasilnya, website Kamu akan mudah ditemukan dan kebanjiran trafik. Benar-benar menggoda, bukan?

Namun, penjelasan belajar SEO di artikel ini cuma dasar-dasarnya aja. Kalau Kamu mau menerapkan SEO, Max sarankan Kamu untuk belajar lebih mendalam lagi. Jika Kamu gak mau pusing lagi, dan Kamu cari Jasa SEO terbaik, Max Samasta Pilihan yang tepat untuk Jasa Optimasi SEO website kamu.


Share and care !