Google Analytics : Fungsi dan Cara Kerjanya

Share and care !

Bermunculannya banyak situs web, blog dan aplikasi membuat para pemiliknya ingin mencari tahu bagaimana performa situs web mereka dari waktu ke waktu. Salah satu cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan Google Analytics merupakan alat analisis web gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu menganalisis lalu lintas situs web. Meskipun analisis web terdengar seperti bagian kecil dari kehadiran digital global, implikasi dari Google Analytics sebenarnya sangat besar. Ini karena bagi sebagian besar perusahaan, situs web berfungsi sebagai hub untuk semua lalu lintas digital anda.

Jika Anda menjalankan aktivitas pemasaran apapun seperti iklan penelusuran atau iklan media sosial, pelanggan kemungkinan besar akan mengunjungi situs web Anda di suatu hari di sepanjang perjalanan pengguna mereka. Mengingat bahwa situs web adalah pusat kehadiran digital Anda, situs web adalah cara terbaik untuk memberi pandangan menyeluruh tentang efektivitas semua kampanye yang Anda jalankan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online.

Bahkan menariknya, Google Analytics sendiri merupakan alat gratis yang dapat membantu Anda melacak efektivitas pemasaran digital. Jadi tidak mengherankan kalau lebih dari 50 juta situs web di seluruh dunia menggunakan Google Analytics. Jika Anda belum menggunakannya, Anda harus mulai mempertimbangakan untuk menggunakannya sekarang.

 

Mengenal Apa Itu Google Analytics

 

 

Google Analytics adalah salah satu perangkat lunak analisis digital paling populer yang merupakan bagian layanan analisis web gratis Google yang memungkinkan Anda menganalisis detail mendalam tentang pengunjung di situs web Anda. Cara ini akan memberikan wawasan, data dan informasi berharga yang dapat membantu membentuk strategi kesuksesan bisnis Anda.

Karena saat ini hampir semua bisnis memiliki kehadiran online melalui situs web. Oleh karena itu pula, menjadi sangat penting untuk mempelajari struktur dalam situs web untuk melihat apakah itu mencapai tujuannya atau tidak. Untuk itu, Anda harus mengetahui rincian dari apa yang orang lakukan ketika mereka mengunjungi situs Anda, berapa lama mereka tinggal dan apa semua halaman yang akan mereka kunjungi di website Anda. Terlepas dari apakah itu merupakan situs e-niaga atau blog informatif, Anda pasti ingin memahami dan mempelajari perilaku pengunjung untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Dengan memasukkan blok kode JavaScript pada halaman di situs web Anda, maka saat pengguna situs web melihat halaman, kode JavaScript ini merujuk ke file JavaScript yang kemudian menjalankan operasi pelacakan untuk analytics. Operasi pelacakan mengambil data tentang permintaan halaman melalui berbagai cara dan mengirimkan informasi ini ke server analytics melalui daftar parameter yang dilampirkan ke permintaan gambar piksel tunggal.

Karena konfigurasi situs web dan kebutuhan pelaporan mungkin berbeda dari penyiapan standar, sebaiknya pahami proses pelacakan umum untuk memastikan bahwa laporan Anda mengirimkan data seperti yang diharapkan. Dengan cara ini, Anda dapat memutuskan cara mengkonfigurasi pelacakan analytics agar sesuai dengan situs web Anda sendiri.

 

Baca Juga  :    7 Data Utama Website yang dapat Diukur dengan Google Analytics

 

Fungsi dan Fitur Google Analytics

Sebagai cara umum yang digunakan untuk analisis, Anda tidak perlu menjadi ahli analitik untuk mendapatkan pengetahuan penting dari Google Analytics. Berikut fungsi penting dari fitur dan dukungan yang harus Anda ketahui jika Anda menggunakan Google Analytics.

 

Dasbor

Dasbor Google Analytics adalah kumpulan widget sederhana yang memungkinkan Anda melihat dan memantau laporan dan metrik utama yang paling dibutuhkan atau penting. Anda dapat membuat berbagai jenis dasbor yang cocok untuk berbagai kesempatan. Bahkan Anda juga dapat membuat dasbor spesifik seperti yang melacak kinerja seluler atau dasbor yang menunjukkan pelacakan waktu nyata situs web anda.

Ikhtisar Audiens

Ikhtisar Audiens adalah salah satu fungsi utama di Google Analytics. Untuk mengaksesnya cukup klik pada Ikhtisar di bagian audiens. Ikhtisar audiens memberikan ikhtisar tentang apa yang terjadi di situs web Anda termasuk jumlah sesi, pengguna, tampilan halaman, demografi, dan banyak lagi. Anda juga dapat memodifikasi grafik untuk menampilkan matrik yang berbeda menggunakan menu tarik-turun di bagian atas laman.

Anotasi

Anotasi adalah alat sederhana yang sangat berguna yang pada dasarnya alat ini memungkinkan Anda membuat catatan untuk tanggal tertentu. Dengan Anotasi juga Anda dapat membuat catatan sederhana di Google Analytics yang mengatakan Newsletter dikirim ke 5000 pelanggan. Untuk membuat anotasi, bukalah laporan mana pun dan klik panah bawah pada tab di bagian bawah.

Pemberian Tag Kampanye (kode UTM)

Alat ini akan membantu mengumpulkan informasi tentang upaya pemasaran termasuk pada kampanye email, spanduk, kampanye media sosial, dll. Pada dasarnya setiap kampanye pemasaran, adalah di saat anda menggunakan hyperlink dengan cara menandai tautan dengan kode UTM. Google Analytics akan membaca parameter dari tautan itu dan menampilkannya dalam tampilan akuisisi kemudian menjadi tampilan kampanye. Bergantung pada seberapa detail kode UTM Anda, selanjutnya Anda akan dapat melihat situs apa yang menampilkan kampanye yang dibuat, spanduk persis yang diklik, atau kata kunci apa yang berhasil. Anda dapat menggunakan pembuat URL sederhana dari Google untuk menandai hyperlink Anda.

Halaman

Kemudian yang tak kalah penting adalah laporan halaman. Untuk mengaksesnya, dari menu sebelah kiri pilih Behavior -> Site Content -> All Pages. Laporan ini akan memberitahu Anda bagaimana kinerja sub halaman tertentu di situs web. Anda akan dapat melihat berbagai statistik termasuk tayangan laman, tayangan laman unik, waktu rata-rata yang dihabiskan di laman tersebut, dan rasio pentalan. Sama seperti di ikhtisar audiens, Anda dapat memodifikasi grafik untuk menampilkan matrik yang berbeda menggunakan menu tarik-turun di bagian atas halaman.

 

Baca Juga  :      Memahami Istilah-Istilah dan Data Umum pada Google Analytics

 

Cara Kerja Google Analytics

 

 

Sederhananya, Google Analytics menempatkan beberapa baris kode pelacakan ke dalam kode situs web Anda. Kode mencatat berbagai aktivitas pengguna saat mereka mengunjungi situs web bersamaan dengan atribut seperti usia, jenis kelamin, minat pengguna tersebut. Kemudian mengirimkan semua informasi itu ke server Google Analytics setelah pengguna keluar dari situs web Anda. Selanjutnya, Google Analytics menggabungkan data yang dikumpulkan dari situs web dalam berbagai cara, terutama menurut empat tingkat yakni :

Tingkat pengguna (terkait dengan tindakan oleh setiap pengguna)
Tingkat sesi (setiap kunjungan individu)
Tingkat tampilan halaman (setiap halaman individual yang dikunjungi)
Tingkat peristiwa (klik tombol, penayangan video, dll)

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Google Analytics untuk SEO Website Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam dunia digital maju saat ini, Google Analytics dapat melakukan keajaiban untuk bisnis Anda dengan cara yang lebih canggih. Ini memberi anda wawasan berharga yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja situs web dan meningkatkan konversi. Terlepas dari kenyataan bahwa ada begitu banyak platform manajemen analitik lainnya, Google Analytics tetap menjadi solusi gratis yang sangat relevan untuk mengelola analitik situs web Anda.

Maka secara sederhana, Google Analytics adalah alat pelacakan gratis yang ditawarkan oleh Google,dan ini menunjukkan kepada Anda bagaimana pengunjung menggunakan situs web Anda. Ini akan bisa berguna jika Anda Anda memiliki toko eCommerce dan ingin tahu berapa banyak pengguna yang mengunjungi situs web Anda. Dengan bantuan Google Analytics, Anda dapat dengan tepat melihat jumlah pengunjung di toko, dari mana mereka berasal, perangkat apa yang mereka gunakan, dan banyak lagi.

The post Google Analytics : Fungsi dan Cara Kerjanya appeared first on IDCloudHost.


Share and care !

Leave a Reply