Kampanye Email Marketing dan Solusi Email Terbaik Dari IDCloudHost

Share and care !

Email marketing saat ini dapat mengungguli strategi digital marketing seperti social media marketing, SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay-Per-Click). Strategi email marketing adalah solusi yang tepat untuk menghemat biaya sekaligus dapat meningkatkan keuntungan berkali-kali lipat. Email marketing juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan Anda atau calon pelanggan potensial.

Tidak hanya itu, menurut data statistik yang dilansir dari SuperOffice, dengan modal yang Anda keluarkan sebesar satu dolar untuk email marketing, Anda bisa mendapatkan keuntungan balik sebesar 51 dolar dimana angka ini naik dari tahun lalu yang mencapai 31 dolar. Ini dikarenakan email marketing bisa menjangkau banyak orang dengan tepat sasaran dalam waktu sekaligus.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba email marketing? Anda bisa dengan mudah membuat campaign email marketing yang bisa meningkatkan keuntungan penjualan produk atau layanan Anda. Anda juga bisa dengan mudah mengirimkan email marketing tersebut secara massal dan dalam waktu yang bersamaan. Artikel ini akan mengupas tuntas bagaimana strategi yang efektif untuk email marketing dari idcloudhost.com spesial untuk Anda.

 

Jenis atau Tipe Email Marketing

 

 

Sebelum membahas tentang strategi yang digunakan untuk memaksimalkan email marketing, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis email marketing apa yang ingin Anda kirimkan ke pelanggan atau calon pelanggan Anda. Berikut jenis-jenis email marketing yang ada.

 

Email Newsletter

Salah satu kampanye email marketing yang paling umum dan populer adalah Email Newsletter atau Buletin Email. Sebagai bisnis kecil, Anda dapat menggunakan email newsletter untuk memberikan pengetahuan dan alat yang bermanfaat bagi pelanggan. Penting untuk menambahkan hal berikut ke kotak masuk pelanggan Anda :
a) Buat konten yang menarik dengan menyertakan pemikiran, petunjuk, dan pengumuman tentang layanan atau produk baru.
b) Jika Anda ingin mengukur efektivitas newsletter Anda, tanyakan pada diri Anda apakah konten tersebut membantu membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan retensi dan keterlibatan, dan memperkuat loyalitas pelanggan.

Email Acquisition/ Akuisisi

Email Acquisition atau Akuisisi dapat membantu bisnis kecil Anda mendapatkan pelanggan yang telah memilih untuk menerima email Anda tetapi belum dikonversi menjadi pelanggan. Dengan membuat penawaran menarik dan konten informatif, Anda dapat menunjukkan nilai menjadi pelanggan aktif kepada orang-orang di daftar email Anda. Email Acquisition adalah cara yang bagus untuk memindahkan prospek melalui corong konversi lebih cepat, mengembangkan bisnis Anda dan mendorong pendapatan tambahan, dan menargetkan pengguna yang telah menyatakan minatnya pada apa yang ditawarkan bisnis Anda.

Email Retention/ Retensi

Jika Anda memiliki pengalaman dalam kampanye pemasaran email, pertimbangkan Email Retensi untuk bisnis kecil Anda. Dengan mengirimkan pesan yang meminta umpan balik atau penawaran kepada pelanggan yang belum pernah berinteraksi dengan bisnis Anda atau kampanye email akhir-akhir ini, bisnis kecil Anda dapat menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Email Retensi adalah strategi kampanye email yang sangat berguna yang dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan yang diperoleh dengan susah payah.

Email Promosi

Email Promosi adalah cara yang bagus untuk mendorong penjualan, pendaftaran, dan penawaran produk baru untuk bisnis kecil Anda. Jika Anda ingin menawarkan produk atau layanan terbaru dengan harga diskon tertentu, Anda bisa menggunakan Email Promosi. Gunakan email promosi untuk memberi penghargaan kepada pelanggan yang terlibat dengan penawaran eksklusif, mendorong produk atau layanan baru ke pelanggan, dan menjual silang produk ke basis pelanggan Anda.

 

Baca Juga   :     Mailchimp : Pengertian dan Pengaruhnya Pada Email Marketing

 

Kampanye Email Marketing dan Solusi Email Terbaik Dari IDCloudHost

 

 

Setelah Anda paham akan jenis-jenis email marketing, sekarang Anda harus mempersiapkan strategi yang tepat untuk membangun email marketing yang tepat sasaran supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat dari keberhasilan email marketing dalam menjual produk atau layanan dari bisnis Anda. Berikut adalah beberapa strategi terbaik untuk memaksimalkan email marketing untuk Anda.

 

Personalisasikan Pesan

Ketika mengatakan email marketing yang dipersonalisasi, itu tidak bermaksud bahwa Anda mengirim email individual ke setiap pelanggan. Personalisasi berarti Anda menggunakan data pelanggan untuk membuat pesan yang dipersonalisasi. Misalnya, Anda bisa menyebut nama pelanggan Anda di dalam pesan email atau subjek email. Selain menggunakan nama pelanggan, ada beberapa tips untuk membantu Anda memulai personalisasi. Berikut cara-cara untuk membuat personalisasi email marketing :

Personalisasi hebat dimulai jauh sebelum Anda menekan tombol ‘kirim’. Semuanya dimulai dengan formulir pendaftaran yang sudah Anda dapatkan dari pelanggan. Tanpa data seperti nama, perusahaan dan lokasi, Anda akan sangat terbatas dengan komunikasi pribadi Anda. Ingatlah untuk hanya meminta informasi yang Anda butuhkan, bukan informasi yang Anda inginkan. Ini adalah salah satu cara GDPR (General Data Protection Regulation/ Regulasi Umum Perlindungan Data) memengaruhi tim pemasaran.
Gunakan alamat email balas-ke yang sebenarnya: Saat Anda menggunakan donotreply@example.com, itu menghilangkan keaslian pesan. Anda ingin pembaca Anda terlibat dan menanggapi kampanye Anda. Gunakan alamat balasan yang sebenarnya akan meningkatkan kredibilitas dan tampil lebih pribadi.
Gunakan signature email asli Anda pada footer email sama seperti menggunakan alamat email balas-ke yang sebenarnya, Anda ingin menggunakan informasi kontak nyata di dalam email dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan detail kontak Anda di tanda tangan email. Memberi pembaca Anda kesempatan untuk menghubungi Anda atau terhubung dengan Anda secara online adalah cara yang bagus untuk menjadi pribadi dan membangun hubungan dengan mereka.

 

Segmentasi Pasar

Anda harus mengelompokkan database Anda, kampanye email Anda menjadi jauh lebih bertarget kepada audiens Anda. Contohnya sebagai berikut, Anda menyelenggarakan acara kumpul-kumpul untuk pemilik usaha kecil atau UMKM yang terletak dalam radius 50 mil. Bagaimana Anda bisa berharap mendapatkan hasil terbaik untuk acara Anda? Jawabannya adalah segmentasi. Cara terbaik untuk membuat pemilik usaha kecil datang ke acara Anda adalah dengan membuat segmen orang-orang yang mendaftarkan diri mereka sebagai pemilik usaha kecil yang tinggal dalam jarak 50 mil dari acara Anda dan kemudian mengirimi mereka undangan melalui email. Berikut adalah beberapa contoh bagi Anda untuk memulai segmentasi :

Segmen Industri

Apakah Anda menawarkan layanan dan produk kepada bisnis atau konsumen? Mengetahui industri pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk mengelompokkan kampanye email Anda. Misalnya, Anda memiliki bisnis yang menjual parfum lokal, bisnis parfum akan bisa lebih berkembang jika Anda mengirimkan email marketing campaign tentang produk lokal atau produk parfum, dibandingkan dengan bisnis yang menjual brand import.

Segmen Perusahaan

Segmen perusahaan dikenal sebagai pemasaran berbasis akun, mengelompokkan kampanye email menurut ukuran perusahaan atau pendapatan tahunan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat respons. Sebuah bisnis kecil yang mempekerjakan 7 orang mungkin tidak siap untuk konferensi industri terbesar tahun ini, sedangkan bisnis yang mempekerjakan 1.000 orang mungkin lebih cocok.

Segmen Siklus Penjualan

Pembeli tahap awal atau calon pelanggan Anda tidak akan siap untuk promosi penjualan yang agresif atau demo satu lawan satu, tetapi mereka akan lebih menghargai untuk menerima informasi tentang industri dari produk atau layanan Anda. Di sisi lain siklus, pembeli yang siap membeli akan merespons webinar produk atau penawaran uji coba gratis dengan baik.

 

Baca Juga  :     Manfaat Penggunaan Email dan Cara Membuatnya Secara Gratis dan Cepat

 

Mobile Friendly Email

Selanjutnya, fakta bahwa 20% kampanye email tidak dioptimalkan untuk seluler. Banyak yang belum menyadari bahwa sebagian besar orang menerima email atau membuka email mereka dari ponsel atau mobile device, dan ketika kampanye email dioptimalkan untuk seluler, maka Anda bisa menghasilkan banyak keuntungan dari email marketing yang Anda kirimkan. Berikut cara mengoptimalkan email marketing mobile friendly.

Desain Email Responsif (RED)

Membuat desain email responsif berarti pengalaman pengguna dioptimalkan terlepas dari perangkat atau layar yang mereka gunakan. Sebagian besar penyedia layanan email (ESP) menawarkan solusi ini dalam fungsionalitas email mereka.

Subjek yang Singkat

Baris subjek sangat penting. Anda harus membuatnya dengan singkat sehingga pembaca tahu persis tentang topik email tersebut. Dan teks pra-tajuk yang juga dikenal sebagai teks cuplikan, daripada menggunakan kalimat panjang seperti “Anda sangat beruntung karena mendapat…”. Sebagai gantinya, rangkum email atau sertakan ajakan bertindak, misal gunakan “GRATIS/ DISKON” yang memancing penasaran banyak orang.

Perhatikan Ukuran CTA (Call To Action)

Ukuran perangkat seluler bervariasi, jadi Anda harus perhatikan ukuran CTA pada beberapa perangkat seluler. Meskipun tautan teks dapat berfungsi di tablet atau layar yang lebih besar, Anda mungkin mengasingkan pembaca Anda yang memiliki layar lebih kecil. Buat ajakan bertindak, besar, berani, dan mudah di klik.

 

Baca Juga  Panduan :     Panduan Cara Membuat Akun Zimbra Email di IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai cara pemasaran yang canggih dan mengikuti zaman, email marketing saat ini dapat mengungguli strategi digital marketing seperti social media marketing, SEO, dan PPC. Strategi email marketing adalah solusi yang tepat untuk menghemat biaya sekaligus dapat meningkatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Sebelum mengirimkan email marketing ada baiknya Anda memeriksa email marketing jenis apa yang ingin Anda kirimkan. Ada lima jenis email marketing, yaitu Email Newsletter, Email Acquisition/ Akuisisi, Email Retention/ Retensi, dan Email Promosi. Jangan lupa juga gunakan strategi sebelum mengirim email marketing yang sudah Anda baca pada artikel ini. Selain itu, gunakan penyedia layanan email marketing yang terpercaya dan terbaik seperti Email Solution dari IDCloudHost yang membantu Anda dalam membuat email marketing yang praktis dan hemat biaya.

The post Kampanye Email Marketing dan Solusi Email Terbaik Dari IDCloudHost appeared first on IDCloudHost.


Share and care !

Leave a Reply