Kelebihan dan Tipe/Jenis Dari PPC (Pay-Per-Click) Advertising

Share and care !

Apakah pernah memikirkan bahwa iklan bayar per klik (PPC) adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda? Periklanan PPC dapat menjadi salah satu aset strategi pemasaran Anda yang paling kuat. Tapi itu juga bisa menjadi salah satu pemborosan anggaran terbesar. Semuanya tergantung pada berapa banyak waktu, energi, dan sumber daya yaitu anggaran yang harus Anda dedikasikan untuk iklan PPC. Itu sebabnya, dalam artikel ini, akan dibahas tentang keuntungan dan kerugian dari iklan bayar per klik.

Dalam skenario kasus terbaik, PPC dapat menjadi cara bagi pemasar digital untuk mengoptimalkan jangkauan Anda melalui penargetan ulang audiens. Di sisi lain, PPC juga menghadirkan sejumlah kelemahan yang sangat nyata yang tidak boleh diabaikan. Sementara beberapa kelemahan PPC selalu terlihat jelas bagi Anda yang memahaminya, ada kelemahan tertentu yang baru-baru ini menjadi menonjol karena perubahan iklim digital dari waktu ke waktu.

Penting untuk dipahami bahwa kampanye PPC memiliki kelebihan yang dapat membantu bisnis kecil Anda berkembang. Dengan begitu banyak pilihan iklan di luar sana, sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Iklan PPC adalah metode yang terbukti benar untuk membuat pihak yang tertarik mengklik iklan yang tertaut langsung ke situs Anda.

 

Mengenal Apa Itu PPC (Pay Per Click)

 

PPC adalah singkatan dari Pay-per-Click, ini adalah model pemasaran online yang melibatkan pengiklan membayar biaya setiap kali iklan diklik. Dengan kata sederhana, ini adalah metode yang melibatkan pembelian kunjungan ke situs Anda, daripada mencoba mendapatkan kunjungan tersebut melalui pencarian organik.

Google Ads adalah program bayar per klik paling populer saat ini. Situs web lain seperti Amazon, Bing, juga menawarkan jenis kampanye pemasaran bayar per klik yang serupa. Pengiklan atau bisnis harus mendaftar dengan program iklan dan menjalankan kampanye dengan anggaran yang ditentukan. Google menetapkan batas bulanan pada anggaran iklan Anda.

Misalnya, jika anggaran yang Anda tetapkan adalah beberapa juta rupiah, maka Google akan mengizinkan iklan ditampilkan hanya beberapa kali dalam sebulan berdasarkan anggaran dan sasaran yang ditetapkan. Iklan berbayar akan ditampilkan di bagian atas hasil pencarian ketika pengguna mencari kata kunci atau produk/layanan yang serupa. Ketika pengguna mengklik iklan, pengiklan atau bisnis harus membayar Google. Biaya per klik ditentukan oleh bagaimana kampanye pemasaran ditetapkan. Iklan Anda akan ditampilkan di area target selama waktu tertentu dalam sehari.

Biaya per klik dapat berkisar antara Rp.10.000,- hingga Rp. 500.000,-. Biaya rata-rata per klik saat ini adalah antara Rp.10.000,- dan Rp.40.000,-. Seperti semua praktik pemasaran dan periklanan, ada kelebihan dan kekurangan PPC juga. Maka dari itu, artikel ini akan membantu Anda mengetahui kelebihan PPC secara detail sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan menyertakan PPC dalam strategi pemasaran Anda.

 

Baca Juga :   Memahami Pengaruh SEM (Search Engine Marketing) Bagi Pemasaran Bisnis

 

Kelebihan dari PPC (Pay Per Click)

Sebelum memutuskan untuk menggunakan strategi beriklan menggunakan PPC, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan apa yang akan Anda dapatkan dengan metode ini.

Hemat biaya

Pengiklan tidak perlu membayar untuk menampilkan iklan mereka. Iklan PPC hemat biaya karena Anda hanya mengeluarkan biaya hanya ketika iklan diklik dan pengunjung diarahkan ke situs web Anda. Hal ini karena mengikuti model biaya per klik. Anda memiliki kendali atas pengeluaran karena dapat menentukan anggaran untuk pencarian berbayar Google.

Cepat

Daftar pemasaran PPC diposkan dengan cepat, biasanya, hanya perlu beberapa hari untuk ditampilkan di hasil pencarian. Dampak pemasaran PPC hampir langsung terlihat. Berbeda dengan Taktik optimisasi mesin pencari (SEO) yang relatif organik membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menunjukkan beberapa dampak positif.

Pelacakan secara real-time

Untuk menentukan keberhasilan kampanye pemasaran online, penting untuk dapat melacak apakah orang yang tepat menjadi sasaran dan ada peningkatan lalu lintas masuk. PPC memungkinkan pengiklan untuk melacak efektivitas iklan secara real-time. Anda akan mendapatkan informasi langsung mengenai kinerja kata kunci, jumlah lalu lintas yang dihasilkan, konversi, dll.

Kontrol pengeluaran

Dengan pemasaran PPC tidak ada persyaratan untuk pengeluaran minimum, artinya Anda dapat menetapkan anggaran bulanan maksimum tergantung pada kampanye online yang Anda miliki. Anda juga dapat menentukan jumlah yang ingin dibelanjakan per klik pada iklan yang ditampilkan.

Ditargetkan dengan baik

Iklan PPC adalah strategi pemasaran yang tepat sasaran. Iklan ditampilkan di atas hasil pencarian hanya ketika pengguna mengetikkan frasa atau kata kunci tertentu yang relevan dengan iklan Anda. Iklan dengan tautan ke halaman web tujuan ditampilkan di atas hasil pencarian, mengarahkan konsumen yang tertarik ke situs web Anda. Pengguna yang mencari kata kunci atau frasa tertentu memiliki niat membeli yang lebih tinggi dan merupakan prospek berkualitas baik.

Disesuaikan

Pengiklan memiliki kendali penuh atas setiap aspek kampanye iklan mulai dari judul, konten iklan, URL halaman, dll. Kampanye PPC dapat disesuaikan sesuai kampanye pemasaran perusahaan.

 

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Email Marketing Dalam Bisnis

 

Tipe/Jenis dari PPC (Pay Per Click)

 

 

Sebagai model pembayaran, tidak spesifik untuk situs atau lokasi tertentu. Itulah mengapa Anda memiliki banyak pilihan tipe atau jenis dari PPC saat memutuskan di mana Anda ingin menampilkan iklan.

 

Iklan PPC di Mesin Pencari

Iklan mesin telusur, juga dikenal sebagai pemasaran mesin telusur atau SEM (Search Engine Marketing) memungkinkan Anda menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan kata kunci yang dimasukkan ke bilah telusur. Mesin pencari utama, seperti Google dan Bing, menggunakan model berdasarkan PPC melalui lelang. Bagi pengiklan, iklan penelusuran menawarkan dua keuntungan besar :

Sangat terlihat, karena iklan muncul di halaman pertama halaman hasil mesin pencari SERP (Search Engine Result Page), yang berarti halaman satu di Google dimana mampu memposisikan situs web Anda di sana. Sedangkan dengan cara organik dapat menghabiskan waktu bertahun-tahun, tetapi berkat iklan, Anda dapat membangun kehadiran Anda dengan biaya yang lebih rendah.
Sangat efektif, karena ditujukan untuk pengguna yang ingin memenuhi kebutuhan spesifik yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda.

 

Iklan PPC di Jejaring Sosial

Alat periklanan utama di jejaring sosial, seperti iklan Facebook atau iklan Instagram, juga menawarkan opsi bayar per klik. Jenis iklan ini diintegrasikan ke dalam pengalaman jaringan sosial pengguna, baik di bagian berita mereka atau di kolom samping. Salah satu keuntungan utama mereka adalah jejaring sosia; memungkinkan Anda memanfaatkan informasi yang dimiliki jejaring sosial tentang penggunanya sehingga Anda dapat meluncurkan iklan PPC yang sangat tersegmentasi.

 

Iklan Bergambar PPC

Terakhir, PPC juga digunakan saat menampilkan iklan banner di situs web yang terkait dengan produk dan layanan merek atau minat audiens targetnya. Jenis kampanye ini bisa sangat efektif jika diterapkan dengan baik, tetapi Anda harus berhati-hati agar tidak terjerumus ke dalam iklan yang mengganggu.

 

Baca Juga :  Mailchimp : Pengertian dan Pengaruhnya Pada Email Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Periklanan PPC telah terbukti menjadi saluran yang andal dan menguntungkan bagi banyak B2B, B2C, organisasi nirlaba, dan perusahaan lain yang mencari lalu lintas dan konversi yang cepat dan berkualitas. Mempertimbangkan semua manfaat yang ditawarkan PPC, hal ini dapat menjadi salah satu strategi beriklan Anda selain dengan cara yang organik atau SEO (Search Engine Optimization). Selain itu PPC juga menyediakan jenis/ tipe platform beriklan yang bervariasi yang dapat Anda pilih.

Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk meningkatkan atau mengembangkan usaha yang dimiliki, nemun sebelum memulai untuk memutuskan segala keputusan, ada baiknya untuk mengenal dan memahami lebih jauh tentang periklanan PPC ini agar segala kelebihannya dapat diperoleh maksimal dan segala kekurangan dapat diminimalisir.

 

 

 

The post Kelebihan dan Tipe/Jenis Dari PPC (Pay-Per-Click) Advertising appeared first on IDCloudHost.


Share and care !

Leave a Reply