Prediksi dan Trend Bisnis yang Akan Populer di Tahun 2022

Share and care !

Dengan kehidupan yang kembali normal, tren bisnis baru berkembang, dan bahkan usaha kecil dapat memulihkan diri dengan memahami tren bisnis pada tahun 2022. Pemilik bisnis dapat memperkirakan beberapa revolusi industri yang akan berlanjut hingga 2022. Selain itu, karena pandemi membutuhkan lebih banyak pekerjaan jarak jauh daripada sebelumnya. Dalam lingkungan pasca pandemi, pemilik usaha harus sadar akan perubahan dan tren yang mendorong bisnis. Seperti yang diketahui bahwa dalam dua tahun terakhir ribuan bisnis telah mengubah model bisnis mereka pada awal pandemi, memperkenalkan produk atau layanan baru dan merangkul saluran baru untuk menjangkau pelanggan mereka. Sedangkan ribuan lainnya meluncurkan bisnis baru sekaligus melihat peluang yang belum dimanfaatkan dalam keadaan new normal.

Sekarang, saat Anda memasuki tahun 2022, Anda akan melihat dampak dari kristalisasi dua tahun terakhir dan tren baru yang muncul, seperti awal dari metaverse untuk mengubah cara banyak orang mendefinisikan bisnis kecil dan cara bisnis kecil beroperasi dalam bentuk online, offline, dan lainnya. Dengan perubahan global yang diperburuk oleh tantangan besar seperti pandemi dan krisis iklim, tahun 2021 telah membuat perusahaan di semua sektor berjuang dengan transformasi yang cepat, dan tahun 2022 tidak diragukan lagi akan sama.

Dengan semua industri yang menghadapi transformasi cepat. Tentu saja semuanya menyebabkan adanya perubahan teknologi, tetapi ada juga pergeseran global, dan pergeseran kekuatan politik dan ekonomi. Dunia telah berubah dengan cepat, dan para pemimpin bisnis harus siap menghadapi tantangan untuk beradaptasi. Maka dari itu artikel ini akan memberikan Anda prediksi tren bisnis yang akan populer untuk tahun 2022.

 

Baca Juga :  Tips Memulai Bisnis Kecil yang Sukses Tahun 2022

 

Mengenal Apa Itu Trend Bisnis

 

Mengikuti tren bisnis tidak pernah mudah karena hari demi hari Anda memiliki bisnis untuk dijalankan. Namun, penting untuk mengakui bahwa industri selalu berubah dan untuk tetap berada di depan kurva dan menghindari pesaing melewati Anda, Anda harus dapat bergerak dengan waktu untuk kepentingan perencanaan bisnis jangka panjang. Analisis tren bisnis tidak perlu sesulit kedengarannya. Ini hanyalah perbandingan data industri selama periode waktu yang ditentukan, yang dirancang untuk mengenali tren atau hasil yang konsisten yang dapat digunakan untuk memetakan strategi bisnis Anda kemudian menyelaraskannya dengan arah umum industri Anda.

Tren bisnis cenderung sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dan perilaku konsumen. Dengan melakukan jenis analisis tren bisnis berikut, Anda akan dapat menentukan pergerakan yang dapat berdampak langsung pada kinerja bisnis Anda secara keseluruhan.

Baca Juga :  Cara Memahami Trend Menjadi Konten Viral untuk Bisnis Anda

Melacak influencer industri

Sebagai pengusaha yang sibuk, Anda pasti memiliki waktu yang terbatas. Namun untuk melihat tren bisnis, Anda harus rajin untuk melacak perkembangan industri. Salah satu caranya menggunakan media sosial. Media sosial adalah alat yang ampuh untuk melacak influencer industri, sudut pandang mereka dan memastikan Anda tetap menjadi bagian dari obrolan.

Serap penelitian industri

Untuk mendapatkan gambaran nyata dari lanskap industri Anda dan menentukan arahnya, Anda benar-benar perlu membaca banyak laporan industri yang mudah diakses oleh Anda.

Manfaatkan alat digital dan analitik untuk menilai perilaku industri

Jika Anda sedikit pusing dalam hal angka, Anda akan menyukai berbagai macam alat dan sistem analitik yang tersedia di dunia digital. Ini bagus karena Anda dapat membiarkan alat ini melakukan semua pekerjaan untuk membantu Anda memahami gambaran yang lebih besar dari pasar Anda dengan lebih cepat. Analisis digital dapat membantu Anda menemukan tren yang semakin banyak dicari oleh konsumen secara online. Misalnya, Google Trends menampilkan ikhtisar jangka panjang dari tren niche sementara Google Keyword Planner memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci paling populer yang digunakan oleh target demografis Anda secara online dan skala potensial untuk menggunakan dan menawarnya untuk bisnis Anda sebagai bagian dari digital.

Dengarkan pelanggan

Jangan takut untuk mengobrol dengan pelanggan dan pelajari lebih lanjut tentang kritik, saran, dan komentar mereka untuk menemukan apa lagi yang dapat dilakukan bisnis Anda untuk membantu mereka. Selain itu Anda juga dapat melakukan survey kepada pelanggan, setelah mereka mencoba atau membeli produk/jasa yang Anda jual.

Amati pesaing

Sebagian besar bisnis yang sukses tidak mengikuti orang banyak, melainkan berinovasi dan membuat terobosan baru untuk menonjol dari pasaran. Namun, pengamatan terhadap pesaing Anda juga penting guna memberikan gambaran yang baik tentang posisi pasar mereka dan apakah mereka bereaksi terhadap tren yang sedang berkembang. Analisis pesaing tidak harus mengorbankan citra perusahaan Anda. Dengan hanya meninjau situs web mereka, ulasan pelanggan, dan saluran media sosial, Anda dapat memahami bagaimana posisi Anda jika dibandingkan dengan pesaing.

Setelah mengenal apa itu definisi dari trend bisnis, Anda sekarang dapat melihat kembali kepada bisnis yang Anda jalankan. Apakah Anda telah mengikuti tren yang berkembang atau masih bertahan dengan pemasaran yang kaku. Jika telah mengetahui posisi dan status bisnis, Anda dapat menemukan jalan apa lagi yang akan diambil dan diterapkan pada bisnis agar dapat berkembang dengan baik seiring dengan perubahan waktu dan kebiasaan masyarakat.

 

Baca Juga :  10 Trend Social Media Marketing yang Populer Tahun 2022

 

Prediksi dan Trend Bisnis yang Akan Populer di Tahun 2022

 

Mengikuti tren dan kebiasaan masyarakat yang berubah setiap waktu adalah pekerjaan tambahan yang harus diselesaikan oleh pebisnis saat ini. Berikut adalah beberapa prediksi dan trend bisnis yang akan populer di tahun 2022 yang dapat Anda praktekkan langsung terhadap bisnis yang Anda miliki.

Bisnis e-niaga

Banyak tren tumbuh dalam setahun terakhir ini karena bisnis perlu beradaptasi untuk bertahan dari pandemi. Satu tren yang akan terus kuat pada 2022 dan seterusnya adalah E-niaga. Bisnis e-commerce yang menjual produk dan layanan online menjadi besar. Hal ini karena pelanggan dapat dengan mudah dan aman berbelanja dari rumah. Dan pemilik bisnis tidak perlu khawatir memiliki lokasi fisik. Belum lagi, pemilik bisnis dapat menghindari beberapa biaya overhead dan mereka dapat melakukan semua bisnis mereka secara online, Ini benar-benar win-win solution. Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis tetapi ragu untuk membuka etalase, memulai bisnis e-niaga mungkin merupakan tren baru yang sempurna untuk diikuti.

Pemasaran video akan terus populer

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin tahu bahwa teknik pemasaran selalu berubah. Suatu hari strategi pemasaran berkembang, dan hari berikutnya tidak lagi diperhatikan. Salah satu tren pemasaran yang dapat anda adopsi dan akan berlanjut ke tahun-tahun selanjutnya adalah pemasaran video. Pemasaran video dapat dimulai dari video di situs web Anda hingga penggunaan platform media sosial misalnya TikTok, dan Instagram reels untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.
Pemasaran video dikemas dengan keuntungan dan peluang bagi pemilik bisnis. Sekitar 84% orang mengatakan video brand meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan. Dan, 54% konsumen ingin melihat lebih banyak konten video dari brand atau bisnis yang mereka dukung. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan pemasaran Anda ke tingkat berikutnya pada tahun 2022, pertimbangkan untuk memasukkan video ke dalam strategi pemasaran Anda. Uji coba menggunakan platform yang berbeda, seperti Facebook dan TikTok, untuk memasarkan perusahaan Anda menggunakan video.

Aplikasi komunikasi semakin penting

Bagian besar hal yang membuat bisnis Anda berhasil adalah memprioritaskan komunikasi yang jelas dengan tim Anda. Jika tidak, komunikasi yang buruk dengan tim Anda dapat menyebabkan kolaborasi yang buruk dan bahkan drama di tempat kerja. Untuk memperkuat komunikasi di era new normal ini, alat dan aplikasi komunikasi menjadi tren yang wajib dimiliki. Dan hal ini akan terus menjadi bagian besar dari tahun yang akan datang. Alat dan aplikasi komunikasi dapat membantu tim Anda dalam jarak jauh ataupun tidak. Aplikasi dan alat seperti perangkat lunak konferensi video dan platform perpesanan, telah berkembang pesat sejak Covid menyerang pada tahun 2020. Dan seperti pekerjaan jarak jauh, mereka mungkin akan ada untuk beberapa waktu.

Pembayaran non tunai

Pada satu titik waktu, uang tunai adalah raja. Tapi uang tunai saat ini telah teralihkan karena ada tren baru yang mengambil alih pembayaran. Tren pembayaran non tunai atau cashless semakin berkembang pesat saat ini. Pembayaran tanpa uang tunai dapat mencakup berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit dan debit, dompet seluler atau digital, dan aplikasi pembayaran.
Seiring kemajuan teknologi, lebih banyak opsi pembayaran tanpa uang tunai akan tersedia, yang berarti bisnis Anda mungkin tidak punya pilihan selain tetap mengikuti untuk memuaskan pelanggan. Selain menerima pembayaran standar, pertimbangkan juga untuk menambahkan satu atau dua opsi pembayaran tanpa uang tunai ke daftar Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengikuti perkembangan waktu sambil memberikan beberapa pilihan kepada pelanggan setia Anda ketika tiba saatnya untuk membayar.

Pekerjaan jarak jauh akan populer

Bukan rahasia lagi bahwa pekerjaan jarak jauh menggemparkan dunia dalam 2 tahun terakhir. Hampir setengah dari karyawan dapat bekerja dari rumah pada tahun 2021 karena pandemi. Dan jika Anda bereksperimen dengan pekerjaan jarak jauh karyawan Anda, hal ini mungkin memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis dan karyawan Anda. Pekerjaan jarak jauh telah mengajarkan banyak hal kepada pemberi kerja seperti Anda dan karyawan, seperti bagaimana menawarkan opsi kerja dari rumah tetap dapat meningkatkan produktivitas, menarik dan mempertahankan talenta terbaik, dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja. Karena pekerjaan jarak jauh menjadi kebiasaan besar dalam dua tahun terakhir, dapat diprediksi pekerjaan jarak jauh dapat bertahan hingga tahun depan dan mungkin untuk selamanya.

Acara virtual

Melanjutkan masa pandemi bahkan saat ini telah muncul varian baru dari covid-19 yaitu omnicron yang semakin meresahkan orang-orang di seluruh dunia. Menyelenggarakan acara virtual dapat membantu memperluas jangkauan Anda dan memungkinkan lebih banyak peserta tanpa mengkhawatirkan pertemuan fisik. Jadi, jangan heran jika acara favorit Anda seperti konser musik, memutuskan untuk menyelenggarakan berbagai hal secara virtual pada tahun 2022. Atau, setidaknya secara virtual dengan opsi tatap muka dan online. Disisi lain dengan konsep ini, Anda bahkan dapat memutuskan untuk menyelenggarakan acara virtual untuk membantu menjaga bisnis, pelanggan, dan karyawan Anda tetap aman. Jangan biarkan tren acara virtual membuat Anda tidak percaya diri. Percayalah, hal ini juga dapat menyenangkan, membantu, dan mendidik, terlepas dari apakah Anda menghadiri acara secara langsung atau menontonnya di laptop dari kenyamanan rumah Anda sendiri.

 

Baca Juga :  Ide Bisnis Rumahan Modal Rendah Terbaik 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Berkat tantangan global dan kemajuan teknologi, cara bisnis beroperasi, dan cara pekerja bekerja, berubah lebih cepat dari sebelumnya. Bisa jadi 6 prediksi tren bisnis diatas akan berdampak besar pada bisnis Anda di tahun 2022 dan tahun-tahun selanjutnya. Meski banyak kebiasaan yang mulai berubah, sebagai pebisnis, Anda harus dapat bertahan dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

Semoga artikel ini dapat memberi informasi dan petunjuk yang positif untuk mendukung kelancaran bisnis Anda menuju tahap yang lebih sukses di tahun 2022. Beberapa prediksi dapat terjadi dan mungkin perlu Anda terapkan pada bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda merasa kurang mampu menjalankan salah satu trend yang sedang berkembang, Anda dapat merekrut seorang profesional untuk membantu pekerjaan Anda. Semoga sukses!

The post Prediksi dan Trend Bisnis yang Akan Populer di Tahun 2022 appeared first on IDCloudHost.


Share and care !

Leave a Reply